ARTIKEL “APAKAH PEMBELAJARAN KOMPUTER SUDAH DIPERLUKAN SEKARANG?

ABSTRAK

Dalam era globalisasi ini, diperkirakan penggunaan teknologi  akan mendominasi kehidupan kita.Untuk itu sebagai calon pendidik anak usia dini  perlu mengenalkan teknologi tersebut kepada anak didiknya , salah satunya dengan mengenalkan teknologi “computer”.

Pengenalan perangkat teknologi sejak dini berguna untuk menghindari munculnya generasi yang  gaptek atau gagap dalam menggunakan teknologi.Jadi dengan penguasaaan teknologi dimasa depan juga menentukan kejayaan dan kesuksesan suatu bangsa.Kesuksesan suatu bangsa inilah yang nantinya berada ditangan anak – anak didik kita nanti.

Jadi pengenalan teknologi computer pada anak usia dini sangat diperlukan tidak hanya sebagai untuk pembelajaran tetapi juga membantu anak dalam mengenali, mengelolah informasi-informasi yang ada di dalamnya serta meningkatkan kreativitas pada anak dan memberikan manfaat yang positif pada anak.

 

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Kehidupan manusia sekarang dan masa yang akan dating, tidak bisa lepas dari teknologi. Hal itu disebabkan seirng bertambaahnya kemajuan teknologi yang semakin pesat. Perkembangan teknologi yang sangat pesat ini membuat orang tua mau tidak mau harus mengenalkan berbagai teknologi khususnya ilmu computer kepada anak agar mereka mengerti dan bisa memanfaatan computer sehingga siap menjadi sumber daya yang kompetitif dimasa depan.

Hal diatas lah yang melatar belakangi penyusunan makalah ini, Dengan harapan, agar masyarakat siap untuk mengahadapi era modern ini, serta dapat membimbing anaknya untuk maju dan “melek” terhadap teknologi khususnya computer.

PENGENALAN KOMPUTER PADA ANAK USIA DINI

Dalam mengenalkan computer pada anak usia dini dimulai dengan memperlihatkan seperti apa sih computer itu, dengan begitu anak mengetahui bentuk computer tersebut, dan setelah itu kita menceritakan apa manfaat dan kontribusi computer dalam kehidupan manusia.Dengan begitu diharapkan anak mulai menarik dirinya untuk mengenali computer.

Dalam proses belajar pada hakikatnya diawali dengan rasa ingin tahu yang tinggi dalam diri seseorang,dengan pengalaman berkesan yang diberikan oleh pendidik, anak mampu melakukan  langsung kegiatan yang diajarkan kepadanya.Contonya ajarkan anak untuk mengamati dan menyentuh langsung objek yang akan dipelajari seperti bagaimana cara memegang/ menggeser mouse dan cara mengoperasikannya.

Setelah itu pembelajaran anak usia dini dapat dilakukan melalui kegiatan menggambar,bernyanyi, menonton film serta permainan-permainan edukatif lainnya. Misalnya dengan program Power Point pendidik dapat mengajak anak untuk menggambar objek dan mewarnainya.Ajaklah anak untuk menggeser mouse dan menggambar serta mewarnai gambarnya tersebut.Hasil pekerjaan anak  bisa kita tampilkan dilayar monitor sehingga anak-anak tahu hasil karyanya sendiri. Dan tidak hanya itu hasil karyanya tersebut bisa di print out  sebagai dokumen portofolio anak.

Disamping itu pendidik juga dapat mengajak anak memutar film-film pendidikan yang terkait dengan karakteristik anak usia dini.Tidak hanya itu bernyanyi juga bisa kita lakukan dengan memutar lagu-lagu anak-anak di music player. Serta bermacam-macam game/ permainan edukatif yang dapat mengembangakan pengetahuan (kognitif) anak.

Keuntungan belajar komputer sejak dini bagi anak, Ini diantaranya:

Meningkatkan keterampilan belajar. Penelitian menunjukkan, anak yang menggunakan komputer memiliki performa akademis lebih baik.

Menstimulasi kreativitas dan imajinasi. Pemrograman komputer, walau sederhana akan terasa menantang bagi anak. Anak belajar mengidentifikasi masalah, menganalisa pilihan, dan memilih solusi terbaik. Batasan anak dalam membuat program hanyalah imajinasinya sendiri.

Meningkatkan perkembangan kepribadian. Program komputer memungkinkan anak melakukan kesalahan, memperbaiki, dan mencoba lagi tanpa takut dimarahi. Anak jadi terbiasa berani mengambil risiko, memiliki sifat yang lebih independen, dan lebih percaya diri.

 

Selain manfaat positif, tentu saja ada risiko dampak negatif komputer pada anak yaitu:

Pengaruh negatif nya, adalah terbukanya akses negatif anak dari penggunaan internet. Mampu mengakses internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet.

Melalui internetlah berbagai materi bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s