Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini

 

images

  1. Pengertian Evaluasi

Evaluasi (evaluation) adalah suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai.Evaluasi juga disebut alat pengumpulan data/ alat penilaian. Untuk  melakukan penilaian harus didahului oleh pengukuran baru bisa melakukan penilaian tersebut.

  1. Evaluasi formatif diperlukan untuk mendapatkan umpan balik guna menyempurnakan perbaikan proses belajar mengajar.
  2. Evaluasi sumatif berfungsi untuk mengukur keberhasilan seluruh program pendidikan yang dilaksanakan pada akhir pelaksanaan proses belajar mengajar.
  3. Karakteristik Evaluasi
    1. Validitas adalah Alat evaluasi harus sahih yakni mengukur apa yang hendak diukur dengan tepat.
    2. Reabilitas adalah Alat evaluasi  harus ardal artinya alat evaluasi harus menghasilkan hasil ukur yang sama jika dipakai kapanpun dan dimanapun.
    3. Dekriminatif adalah evaluasi harus dapat menghasilkan/ menunjukkan hasil yang berbeda-beda pada setiap anak.
    4. Praktis adalah alat evaluasi harus praktis yakni mudah untuk digunakan.

Alat evaluasi

  • Observasi, terbagi atas:

Pertisipatoris adalah Apabila orang yang melakukan observasi ikut mengambil bagian dalam situasi yang sedang diobservasi

Nonpartisipatoris adalah Apabila orang yang melakukan observasi itu berada diluar situasi yang sedang diobservasi.

  •  Wawancara, terbagi atas :

Terencana

Tidak Terencana

  • Angket, terdiri dari :

Ditinjau dari segi siapa yang menjawab

Langsung  adalah angket dikatakan langsung jika angket tersebut dikirimkan dan diisi langsung oleh orang yang akan diminta jawaban tentang dirinya

Tidak Langsung adalah angket yang dikirimkan dan diisi   oleh bukan orang yang diminta keterangannya. Angket tidak langsung biaanya digunakan untuk mencari informasi tentang bawahan, anak, saudara dan tetangga.

Ditinjau dari segi cara menjawab

1. Angket tertutup

angket yang disusun dengan menyediakan pilihan jawaban lengkap sehingga pengisis hanya tinggal memberi tanda pada jawaban yang dipilih.

2. Angket terbuka

angket yang disusun sedemikian rupa sehingga para pangisi bebas mengemukakan pendapatnya.

3. check list

deretan pertanyaan dimana respondensi yang dievaluasi tinggal memububuhkan tanda cocok  di tempat nyang sudah disediakan.

  1. Penilaian Hasil Karya Anak
  2. Portofolio
  3. Sosiometri adalah  suatu alat penilaian untuk melihat sejauh mana perkembangan social anak.
  4. Catatan Anekdot, terdiri dari:

–          Catatan Anekdot Periodik adalah  evaluasi yang dilakukan ketika peristiwa itu terjadi pada kegiatan terprogram (proses belajar). Contohnya: pada saat anak bermain

–          Catatan Anekdot Insidental adalah Mencatat peristiwa-peristiwa yang terjadi diluar kegiatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s